wYDCW47if6cKleiypRwqUq9HZh2kI0aAhad9DlQd
Bookmark

Materi Pembelajaran: Dasar Penjarian Rebab Sunda

 

                 

 
 Oleh: Euis Karmila*

sangitaharmoni.com - Video pembelajaran ini dibuat pada saat KKN Tematik 2021. Setiap mahasiswa memberikan materi sesuai dengan program keahlian dalam bidang yang dikuasainya. Dengan kata lain memanfaatkan skill yang sudah dipelajari atau dikuasai oleh masing-masing mahasiswa.  Dalam hal ini saya tertarik untuk membuat tutorial pembelajaran Rebab Sunda, karena belum  banyak yang mengupas tentang rebab  apalagi dari mahasiswa, karena biasanya yang mengupas hanya dari dosen  atau seniman sejenisnya. 

Rebab memiliki peranan yang sangat penting dalam pertunjukan karawitan Sunda. Karena salah satu  fungsinya sebagai pamurba lagu artinya pembawa melodi secara utuh, ketika dasar penjariannya keliru menyebabkan seorang pengrebab menjadi sumbang atau fals. Walaupun yang sudah melakukan dengan teknik benarpun masih ada falsnya, setidaknya tertutupi dengan teknik yang benar suara atau ambiens yang dihasilkan tidak akan fatal untuk diperbaiki. 

Salah satu kelebihan belajar atau menempuh pendidikan Sekolah Seni adalah  mempelajari teknik, dengan kata lain alternatif yang memudahkan untuk sampai pada bunyi yang sesuai perlu strategi atau teknik yang tidak dipelajari ketika belajar pada seniman alam. Namun, memang tidak semua perguruan tinggi seni membuka, memaparkan teknik, terkadang mahasiswa  harus tetap mencari dan menemukan jalannya sendiri. 

 Dalam hal ini menjadi subjektif, ketika perbandingan pengrebab akademisi dan seniman otodidak siapa yang lebih baik, itu tergantung. Karena untuk pengrebab akademisi juga tidak selalu  menghasilkan teknik yang baik, sebaliknya seniman otodidak dengan mengandalkan feeling  bisa lebih baik. Karena tidak ada jaminan itu. Oleh karena itu,  penting bagi seorang pengrebab peka nada menjadi  kunci menguasai bukan hanya dari teknik tetapi bunyi yang sesuai dengan  capaian  nada yang dimaksud. 

Ayoooo.... belajar rebab Sunda jangan takut salah dan mencoba😀😍😇

Posting Komentar

Posting Komentar