wYDCW47if6cKleiypRwqUq9HZh2kI0aAhad9DlQd
Bookmark

Film ''The Flash'' (2023): Representasi Falibilisme ''Terjebak Realitas''

Review Film The Flash 2023
Film The Flash 2023
Oleh: Euis Karmila

sangitaharmoni.com - Film The Flash adalah film bioskop bergenre aksi petualangan fantasi yang diproduksi oleh Warner Bros Pictures. Adapun aktor-aktor dalam film ini diantaranya, pemeran utama bersama Sasha Calle, Ben Affleck, Michael Shannon, Ron Livingston, Maribel Verdú, Kiersey Clemons, Antje Traue, dan Michael Keaton. Rilis di bioskop Indonesia pada 14 Juni 2023. 
Review The Flash
The Flash 2023

The Flash merupakan film berdurasi 2 jam 24 menit yang disutradarai oleh Andy Muschietti  sutradara film dan penulis naskah asal Argentina, yang dikenal karena menyutradarai film horor 2013 Mama dan adaptasi eponim tahun 2017 dari novel Stephen King It.  Gaya penyutradaraan dari Andy Muschietti dikutip dari imdb.com mengatakan bahwa: 

[on It (2017)] In developing the film, I was retrieving my emotional experience reading the book. I wanted to communicate the feeling of intimacy and innocence of the Losers. It wasn't that difficult. It's almost like smelling; those smells that stay with you for so long.

Pengambilan gambar dan lokasi syuting The Flash dilansir dari thecinemaholic.com, 'The Flash' difilmkan di Inggris dan Skotlandia, khususnya di London, Hertfordshire, Lincolnshire, Glasgow, dan Edinburgh. Walaupun sebagian besar cerita berlatar di Central City dan Gotham City fiksi, lokasi Inggris dan Skotlandia juga digunakan untuk produksi film tersebut. Dalam  sebagian besar latar 'The Flash' diambil lensanya di dalam dan sekitar London.  

Review The Flash 2023
The Flash 2023

Film Superhero namun ini penuh humor dan adegan kocak yang bisa bikin tertawa, mengocok perut penontonnya. Banyak adegan konyol terjadi antara dua Barry yang tampil di film ini. Sementara, banyak bobot emosional dari penampilan karakter itu. Ketika beberapa adegan tak terduga, dan penonton tidak berekspektasi kearah situ,  Karena adegan tidak terduga seperti makan ketika situasai genting, penyelamatan bayi, suster  yang jatuh menjaga bayi, menyatakan cinta dan adegan  lainnya  ketika misi penyelamatan atau bisa dikatakan mode pahlawan menjadi  komedi. The Flash memang menghadirkan tone yang lebih ringan dibandingkan film DC lainnya dan bisa dinikmati oleh semua kalangan. 

Sinopsis Film

Kisah Film The Flash yang ingin menyelamatkan kehidupan keluarganya dan menciptakan dunia tanpa pahlawan super, membuatnya dengan terpaksa untuk mempertaruhkan hidupnya demi menjaga kedamaian masa depan. Hal tersebut dimuali  dari Barry Allen yang terkena sambaran petir. Dari kejadian tersebut menjadi awal lahirnya kekuatan yang tak terduga. Beri yang dijuluki The Flash sebagai pelari kilat, karena memiliki kekuatan secepat kilat ingin kembali ke masa lalu dan ingin menyelamatkan ibunya. Tujuan dari niatnya tersebut ingin mencegah pembunuhan kedua orang tuanya pada saat  ia masih anak-anak. Usahanya untuk menyelamatkan ibunya, kemudian membuka Multiverse DC, menjadi awal semua masalah dimulai, sehingga terjebak dalam realitas yang lain. 

Review The Flash 2023
The Flash 2023

Peristiwa pembunuhan ibu Barry Allen terjadi saat Barry masih seorang anak. Dia ingin mengubah masa lalu Barry Allen agar hidupnya menjadi tragis dan penuh penderitaan.  Pembunuhan ibu Barry Allen oleh Eobard Thawne menjadi momen penting dalam kehidupan Barry.  Pembunuhan tersebut menjadi motivasi besar bagi Barry untuk menjadi Flash. Bahkan menggunakan kecepatan supernya untuk melindungi orang-orang yang tidak bersalah. Pada berbagai adaptasi media, termasuk serial televisi "The Flash."Peristiwa pembunuhan ibu Barry Allen sering kali menjadi fokus utama dan menjadi titik awal perjalanan Barry menjadi pahlawan super.

 Stoikisme Sebagai Self Mastering

Falibilisme adalah  suatu pendapat  bahwa setiap manusia  dapat berbuat  kekeliruan atau kesalahan (Budiono, 2005).  Prinsip fallibilisme bahwa manusia bisa saja salah tentang keyakinan, harapan, atau pemahamannya tentang dunia, namun tetap bisa dibenarkan dalam memegang keyakinan yang salah. 

 Cara berpikir stoikisme untuk memulihkan agar kita berpikir rasional, bukan berarti menyerah, pasrah, tetapi berpikir apa yang diluar kendali tidak bisa dipulihkan seperti yang kita mau. Secara terminologi, stoikisme berasal dari bahasa Yunani stoikos atau stoa, yang memiliki arti serambi atau beranda.  Stoikisme juga sering disebut dengan istilah “menderita dalam kesunyian”. Stoikisme merupakan  sebuah pola pikir untuk mencapai self mastering (penguasaan diri), ketekunan, dan kebijaksanaan, yang mana merupakan sesuatu yang digunakan seseorang untuk menjalani kehidupan yang ideal dan bahagia.   Karena hakikatnya kebahagiaan adalah kita yang menciptakannya sendiri. Seperti rasa sakit juga akibat dari apa yang kita lakukan (kausalitas). 

Stigma mengembalikan tomat, yang dapat mengubah masa lalu padahal apa yang sudah terjadi tak akan kembali seperti yang kita mau. Itulah sebabnya apa yang sedang, akan, atau telah terjadi tetap tidak bisa di prediksi. Seperti The Flash ingin ibunya kembali, ia kemudian menukar saus tomat dan memasukan ke keranjang ibunya. Jika berpikir dengan rasional, apakah hanya dengan menukar saus tomat semuanya bisa diselamatkan? Tetapi, apa yang dia lakukan justru membuat masalah baru hanya karena egoisme ingin menyelamatkan ibunya.  Tetapi memang di ending, ia kemudian mengembalikan saus tomat ke tempat dimana ia mengambilnya. Karena dia menyadari bahwa apa yang sudah terjadi, waktu tak akan pernah menunggu siapapun. 

Ada beberapa hal yang mungkin bisa kita pahami dari seorang stoic, diantaranya: menjadi pemaaf, menerima hal di luar kendali kita termasuk bersiap pada kemungkinan hal terburuk, berpikir sebelum  berbicara dan bertindak,  amor pati (mencintai takdir), terbuka dengan pengetahuan baru dan  selalu rendah hati. Selalu menyadari bahwa kita hidup tidak perlu merasa harus menyesuaikan diri dengan standar orang lain, terutama jika itu harus mengorbankan moral diri sendiri. Tidak semua orang harus menyukai kita, dan itu wajar. Semakin kita berani berhenti menyenangkan semua orang, semakin baik pula terhasap fokus kita terhadap kebahagiaan diri sendiri. 

Epictetus  mengatakan bahwa ketika  hidup banyak ditempa hal memilukan, “jangan berharap segala sesuatunya terjadi seperti yang kita inginkan. Berharaplah apa yang terjadi, terjadi sebagaimana mestinya”. Begitupun Ketika orang lain bereaksi negatif kepada kita, selalu ingat ucapan Albert Einstein, “ Kamu tidak bisa menyelasaikan masalah dengan tetap di energi yang sama”.

Film The Flash ini selain penuh dengan komedi banyak pesan moral yang bisa kita ambil. Dengan berbagai adegan dan latar yang menarik dengan konsep multiverse serta editing  video yang menarik selayaknya film live-action menjadi tidak membosankan untuk ditonton. 
Posting Komentar

Posting Komentar