wYDCW47if6cKleiypRwqUq9HZh2kI0aAhad9DlQd
Bookmark

Wacana Arti Kata Sunda

Sunda, Jawa Barat

Oleh: Euis Karmila

sangitaharmoni.com"Bumi Pasundan lahir ketika Tuhan sedang tersenyum." Kutipan dari pastor bernama lengkap Martinus Anthonius Weselinus Brouwer tersebut terpampang di sebuah tembok jalan Kota Bandung. Orang Sunda yang dikenal dengan sifat optimistis, ramah, sopan, riang dan bersahaja. Bahkan orang Portugis mencatat dalam Suma Oriental, orang sunda adalah orang yang pemberani dan jujur (frontal). Walaupun kesulitan ketika melafalkan huruf ''F'' malah menjadi ''P'', orang Sunda selalu mewariskan falsafah hidup turun -temurun kepada anak cucunya yakni cageur, bener, bageur, singer, pinter, begitupun falsafah lainnya silih asah, silih asih, silih asuh. 

Secara etimologi, Sunda dikenal memiliki arti air, bercahaya, berkilau, putih. Selarik dialog salah satu drama karya Williams  Shakespeare menyebutkan bahwa apalah arti sebuah nama? Beberapa orang  memberi pemahaman lain tentang nama yang mengatakan bahwa  nama atau sebuah  kata begitupun  sebentuk huruf  mengandung arti dan makna. Seperti orang tua memberikan nama kepada anaknya yang baik sebagai doa seperti makna dari nama tersebut. Walaupun pada kenyataannya memang tidak semuanya seperti itu, ada yang berpendapat bahwa nama diberikan karena sebuah kebetulan saja, pendapat lain mengatakan bahwa sesuatu baru mempunyai arti dan memaknainya ketika seseorang memberikannya. pendapat lain mengatakan bahwa nama atau penamaan, diyakini memiliki kekuatan metafisik dan kearifan tertentu. 

Dalam khazanah budaya Sunda  ilmu semiotik dan hermeneutik dikenal dengan sebutan Pancacuriga, artinya lima senjata (ilmu) untuk memaknai sesuatu berupa   bentuk huruf, kata, gambar (icon, heraldic), gerak tubuh, benda-benda, upacara, bentuk ritual, serta seluruh unsur budaya. Pancacuriga yang dikenal dengan kaidah 5 S yakni sebagai berikut. 

1. SILIB, sesuatu yang dikatakan secara tidak langsung tetapi dikiaskan pada hal lain (B.Ing. allude).

2. SINDIR, sesuatu yang dikatakan secara tidak langsung, tetapi menggunakan susunan kalimat yang berbeda (B.Ing. allusion).

3. SIMBUL, menyampaikan suatu maksud dalam bentuk lambang (B.Ing. symbol, icon).

4. SILOKA. menyampaikan sesuatu maksud dalam bentuk pengandaian (B.Ing. aphorism). 

5. SASMITA, pemaknaan yang berkaitan dengan perasaan hati (B.Ing. depth aphorism).

Dalam buku Kasundaan Rawayan Jati, Hidayat Suryalaga (2003:50-52) menyatakan, sebuah buku karya  Drs. R Mamun  Atmamihardja tahun 1958, yaitu Sejarah Sunda I diterbitkan oleh Ganaco N.V. ia mengumpulkan arti kata sunda dari berbagai kamus yaitu sebagai berikut. 

A. Bahasa Sansakerta

Sumber: (A Sanskrit-English Dictionary; Monierr Williams. - An Index to The Name in The Mahabarata; S. Sorensen. Sanskrit in Indonesia-Gonda)

1. SUNDA, berakar-kata sund. artinya bercahaya, terang benderang. 

2. SUNDA, salahsatu nama dari Dewa Wisnu yang mempunyai 1000 nama.

3. SUNDA, nama salahsatu daitya, yaitu seorang satria raksasa dalam cerita Upa Sunda dan Ni Sunda dalam sastra Adiparwa pada Epos Mahabharata.

4. SUNDA, nama seorang satria wanara dalam Epos Ramayana.

5. SUNDA, berasal dari kata cuddha, berarti putih. 

6. SUNDA, nama sebuah gunung pada masa silam yang berada di sebelah utara kota Bandung. Dikenal dengan nama G. Sunda yang terlihat putih karena diselumuti abu vulkanik (Gonda. 1973).

B. Bahasa Kawi

Sumber: (Kawi-Javaans Woordenbook, C.F. Winter Sr. Java-Ned. Handwoordenbook: J.E.C. Gericke en T.Roorda.-Kawi-Balineesch- Nederlandsch Woordenboek. Dr. H.N. van der Tuuk. 1894).

1. SUNDA, berarti air.

2. SUNDA, berarti tumpukan. 

3. SUNDA, berarti pangkat.

4. SUNDA, berarti waspada.

C. Bahasa Jawa

Sumber: (A Dictionary of The Sunda Language of Java, Jonathan Rigg)

1. SUNDA, berarti tersusun.

2. SUNDA, berarti merangkap, menyatu.

3. SUNDA, berarti angka dua (2) dalam perhitungan candrasangkala/suryasangkala. 

4. SUNDA, berasal dari kata unda, artinya naik.

5. SUNDA, berasal dari kata unda dalam arti terbang.(B.S. ngapung)

D. Bahasa Sunda

1. SUNDA berasal dari sa-unda mengandung arti lumbung (B.S leuit). > sa-tunda, tempat menyimpan padi 

2. SUNDA, berasal dari kata sonda, artinya bagus.indah.

3. SUNDA, berasal dari kata sonda, artinya unggul.

4. SUNDA, berasal dari kata sonda, artinya senang. 

5. SUNDA, berasal dari kata sonda, artinya puas hati (B.S. sugema).

6. SUNDA, berasal dari kata sonda. artinya setuju sesuai dengan keinginan. 

7. SUNDA, dalam kata sundara, artinya laki-laki yang tampan.

8. SUNDA, dalam kata sundari, artinya perempuan yang cantik rupawan. 

9. SUNDA, dalam kata Sundara yaitu nama Dewa Kamajaya.

10. SUNDA, artinya indah, molek

Dari beberapa arti kata Sunda diatas, setuju atau tidak, percaya atau tidak boleh-boleh saja. Karena setiap orang punya paradigma atau perspektif yang berbeda dalam memaknai sesuatu, yang bisa saja dikaitkan untuk kepentingan tertentu misalnya persoalan agama, politik, budaya, masyarakat dan lain-lain. Seperti halnya orang tua yang menamai anaknya dengan nama-nama yang baik, luhur, harapan dari penamaan tersebut setidaknya ada harapan dan doa yang orang tua titipkan untuk anaknya agar kelak menjadi seperti apa, terlepas dari orang tua yang menamai dengan sembarang tanpa adanya makna,itu persoalan lain. 

Ada dua aspek atau faktor penamaan terjadi yaitu pertama, untuk menggambarkan hal yang belum terjadi sebagai doa dan harapan,  kedua menggambarkan hal yang sudah terjadi, seperti kebiasaan atau tradisi, perilaku atau adat dan lainnya sehingga dinamai seperti itu.  Karena prinsipnya  purwa wacana setiap orang berbeda-beda. 

Posting Komentar

Posting Komentar