wYDCW47if6cKleiypRwqUq9HZh2kI0aAhad9DlQd
Bookmark

Sinopsis Pernikahan Darah (Blood Wedding) Karya Federico Garcia Lorca, GK. Sunan Ambu ISBI Bandung, 19 November 2023

 

Pernikahan Darah

PERNIKAHAN DARAH' (Blood Wedding)
Karya Federico Garcia Lorca
Terjemahan & Sutradara Fathul A. Husein, NEO Theatre Indonesia.

Kenapa harus nonton ini ???

"Pernikahan Darah" (Bodas de Sangre) adalah salah satu drama terkenal karya penulis Spanyol Federico García Lorca. Drama ini pertama kali dipentaskan pada tahun 1933 dan merupakan salah satu karya yang paling diakui dari periode Romantisisme Lorca."Pernikahan Darah" menggambarkan konflik yang mendalam antara cinta, tradisi, dan takdir. 

Cerita ini melibatkan pertempuran emosional dan ketegangan keluarga dalam konteks pernikahan yang konvensional. Lorca dengan indah memadukan elemen teater dengan unsur-unsur simbolis dan metafora yang khas dalam karya-karyanya. Alur kisahnya yang mendalam dengan tema yang kaya menjadikan "Pernikahan Darah" sebagai salah satu karya klasik teater Spanyol yang terus dipelajari dan dipentaskan di berbagai belahan dunia.

Pernikahan Darah berkisah tentang hubungan seorang calon pengantin wanita dengan masa lalunya dan hari menjelang pernikahannya. Calon pengantin wanita ini dulu tidak diizinkan untuk menikah dengan pria yang dicintainya (Leonardo) karena pria itu miskin. Selanjutnya, Leonardo menikah dengan sepupu calon pengantin wanita dan calon pengantin wanita ini bahkan yang mengatur pernikahan Leonardo dengan sepupunya. Seiring waktu, meskipun Leonardo sudah menikah, dia berkata kepada calon pengantin wanita bahwa dia masih mencintainya. 

Pada awalnya, sang pengantin wanita menolaknya dan menyuruhnya untuk diam dan pergi menemui istrinya, namun kemudian mengakui bahwa dia juga masih mencintainya. Di sisi lain, calon pengantin wanita juga merasa tertekan untuk melanjutkan pernikahannya dengan pria lain (Mempelai Pria). Kemudian pada malam resepsi pernikahannya, dia lari dengan Leonardo. Ketika hilangnya mereka terungkap, sang Ibu memerintahkan semua orang untuk mencari mereka. Di hutan tempat Pengantin Wanita dan Leonardo melarikan diri, drama ini mulai menjadi lebih puitis, gelap dan surealis.

Kematian (pengemis) mendorong mempelai Pria dan Leonardo untuk saling membunuh; Leonardo dan Pengantin Pria bertemu dan saling membunuh dalam sebuah duel. Di akhir drama, pengantin wanita kembali ke gereja dengan harapan Ibu pengantin pria akan membunuhnya. Kisah drama ini berakhir dengan ratapan, kepiluan akan matinya dua pria. Menarik bukan???

Jangan lupa saksikan drama teater tentang romantisme dan konflik pernikahan pada hari Minggu, 19 November 2023 di Gedung Kesenian Sunan Ambu ISBI  Bandung pukul 19.30 WIB.

CP & Pemesanan Tiket: 
Haura 0812-2249-0400/Tasya 0856-8857-030
Posting Komentar

Posting Komentar