wYDCW47if6cKleiypRwqUq9HZh2kI0aAhad9DlQd
Bookmark

DUNKI 2023 :Representasi Eksistensi Diri Berujung Penantian Yang Memilukan

review film dunki 2023
Dunki 2023

 Oleh: Euis Karmila 

sangitaharmoni.com- Dunki sebagai Film  Bollywood yang  bergenre komedi yang mengacu pada teknik imigrasi ilegal ''penerbangan keledai'' rilis pada 21 Desember 2023 merupakan film  yang layak dikatakan sebagai film penutup akhir tahun terbaik. Penggambaran absurditas  dan pesan yang kuat,  mencoba diilustrasikan dalam film ini. Alur komedi yang berakhir menjadi kepiluan, penggambaran perjalanan hidup kadang dibuat tertawa, lalu dihancurkan dengan kesedihan bertubi-tubi.  Sehingga  Dunki dalam film ini dimaknai sebagai   perjalanan hidup dan penantian cinta. Kisah mengharukan penuh emosi, cerita perantauan hingga membohongi keluarga. Film sederhana yang cukup membuat  tertawa dan bergejolak hingga terbawa emosi. 

Film ini  disutradarai dan disunting oleh Rajkumar Hirani dari sebuah skenario yang ia tulis bersama Abhijat Joshi dan Kanika Dhillon, film ini diproduksi di bawah bendera Red Chillies Entertainment, Jio Studios dan Rajkumar Hirani Films. Film ini dibintangi oleh Shah Rukh Khan, Taapsee Pannu, Vicky Kaushal (ditagih sebagai penampilan khusus), dan Boman Irani, dengan sinopsis:
Empat orang sahabat dari sebuah desa di Punjab, mempunyai mimpi yang sama: pergi ke Inggris. Masalahnya, mereka tidak mempunyai visa maupun tiket. Seorang tentara berjanji untuk membawa mereka ke tanah impian mereka. Dunki adalah kisah lucu dan mengharukan tentang perjalanan berbahaya, perbatasan, persahabatan, nostalgia rumah, dan cinta yang melampaui segalanya.

Sudah menjadi identitas khususnya film-film India tidak akan terlepas dari drama musikal. Film ini juga diramaikan dengan lagu-lagu yang membuat penonton  tersayat  dan bahagia dengan lirik-lirik  terjemahan dari lagu tersebut seperti lagu  O Maahi dan Lutt Put Gaya yang belakangan ini tranding di Tiktok. 

Review Film Dunki 2023

Pemain

- Shah Rukh Khan sebagai Hardayal "Hardy" Sukhdev Singh Dhillon
- Taapsee Pannu sebagai Manu Balwant Randhawa
-Vicky Kaushal sebagai Sukhi Mangat (penampilan khusus)
-Boman Irani sebagai Geetendar "Geetu" Gulati
-Vikram Kochhar sebagai Balindar "Buggu" Lakhanpal
-Anil Grover sebagai Balli Kakkad
-Jyoti Subhash sebagai nenek Buggu
-Deven Bhojani sebagai Advokat Puru Prantikbhai Patel, London
-Manoj Kant sebagai ayah Manu
-Arun Bali sebagai ayah Manu yang lebih tua
-Amardeep Jha sebagai ibu Manu
-Suhail Zargar sebagai Mahinder Randhawa, saudara laki-laki Manu
-Wisnu Kaushal sebagai Gulab Nagra
-Rohitashv Gour sebagai Agen Visa Palsu di Laltu
-Jitendra Hooda sebagai Agen Dunki India
-Shahid Latief sebagai Baakir, seorang Agen Dunki Arab Saudi
-Mahavir Bhullar sebagai ayah Buggu
-Sapna Sand sebagai ibu Buggu
-Jatinder Kaur sebagai ibu Balli
-Jeremy Wheeler sebagai Hakim Inggris
-Attila Árpa sebagai manajer Buggu di London
-Nikhil Ratnaparkhi sebagai pencuri di stasiun Laltu
-Ranjha Vikram Singh sebagai pembeli toko
-Gurpreet Ghuggi sebagai penumpang bersama di stasiun Laltu

''DUNKI ''  Perjalanan Hidup Dan Penantian Cinta

Keinginan yang besar berkarir dan terkenal di London menjadi ambisi mereka untuk pergi dari India. Namun, permasalahannya disini adalah mereka tidak memiliki visa dan memiliki pendidikan yang rendah dan tidak bisa berbahasa Inggris. Berbagai usaha mereka kerjakan untuk mendapatkan visa dengan mengikuti kursus bahasa Inggris, dan melalui jalur olahraga seperti gulat. Kegagalan yang harus mereka terima membuat mereka menempuh rute  ''Dunki''. 

 Sahrukh Khan mengatakan bahwa Dunki atau disebut juga perjalanan keledai yaitu perjalanan ilegal yang dilakukan orang untuk meninggalkan negara mereka dengan melintasi perbatasan diseluruh dunia.
Review Film Dunki 2023

Review Film Dunki 2023

Review Film Dunki 2023

Kisah yang mengharukan ketika Sukhi mengetahui mantan kekasihnya di London mengalami KDRT lalu bunuh diri dan menyusul mantan kekasihnya dengan membakar diri hingga meninggal. Teman-temannya yang menyaksikan kematiannya menangis dan bertekad untuk pergi ke London untuk menunjukan kepada sahabatnya yang meninggal apapun mereka lakukan agar bisa sampai ke London. 

Menarik dari film ini adalah ketika narasi yang disampaikan Hardy yang diperankan Shahrukh Khan mengatakan:

Inggris memerintah kita selama satu abad, ketika mereka tiba kita tidak pernah bertanya apakah anda tahu bahasa Hindi? Kita tidak menghentikan mereka. Beraninya mereka menghentikan kita?

Review Film Dunki 2023

Perjalanan dengan berbagai rintangan dan penderitaan yang dilalui, seperti penembakan dan kejadian-kejadian tragis lainnya yang membuat  film ini diangkat dari kisah nyata yang terjadi dilakukan oleh masyarakat India. Mereka berbondong-bondong menyelinap pergi ke Inggris sebagai imigran ilegal, rute dunki yang kejam, hutan, padang pasir, lautan,  pegunungan mereka sebrangi untuk sampai ke negara tujuan. Ilustrasi yang digambarkan cukup untuk mewakili penderitaan yang dialami, lebih dari itu  di akhir film penderitaan yang sebenarnya lebih kejam dari apa yan terlihat di layar dan itu lebih dari cukup menyayat-nyayat hati penonton yang hanya menyaksikan dari sebuah layar. 

Beberapa hal yang berusaha diungkap disini adalah mengenai kasus yang dilakukan untuk mencapai legalitas sebagai warga negara, ketika mereka tidak bisa berbahasa asing, mereka melakukan pernikahan palsu (menikah secara legal lalu bercerai/ marrige contract), serta melakukan sumpah palsu atau pernyataan palsu dengan kata lain alasan melepas status warga negara menjadi warga negara lain. 

Tak hanya itu, film ini juga mengangkat tentang sikap Nasionalisme, yang mencoba digambarkan di film ini seperti mencium tanah kelahirannya ''India'', dan membawa segenggam tanah sebagai simbol kesakralan dan menjadi budaya masyarakat India yang sering ditampilkan baik dalam drama serial atau pun Film layar lebar. 

Review Film Dunki 2023

Review Film Dunki 2023

Selain kesetiaan kepada negara, film ini juga memberikan contoh bentuk penghianatan kepada Negara secara eksplisit. Disini ilustrasi tentang kesetiaan, ketika Hardy (Shahrukh Khan) dkk membawa abu Sukhi menghadap hakim dengan tujuan ingin diakui menjadi warga negara secara Legal. Hardy dkk harus memberikan pengakuan palsu bahwa dirinya dan teman-temannya tidak diperlakukan dengan baik di negaranya India. Namun,ketika Hardy dipanggil oleh hakim, dia berkata bahwa India tidak pernah memberikannya sebuah beban ataupun dirinya merasa dirugikan selama tinggal di negaranya, dia bangga dengan negaranya, apapun yang terjadi dia tetap ''Mencintai India''karena sejauh apapun dia melakukan perjalanan India-lah yang akan tetap menjadi tempat yang dirindukan. 

Review Film Dunki 2023

Sementara Hardy sebagai imigran ilegal tersebut ditangkap polisi dan dipulangkan ke Negaranya karena tidak ingin memberikan kesaksian palsu, teman-temannya justru sebaliknya  Bersedia memberikan kesaksian palsu demi sebuah  pengakuan warga negara di London. Alhasil, sekalipun mereka sudah divalidasi sebagai warga negara London, mereka tetap menjadi pengemis, pegawai serabutan, seperti awal mereka datang ke London. Tidak seperti yang diharapkan, mereka hidup dalam penyesalan setelah menghianati negaranya dengan pengakuan palsu. Legalitas atau validiatas yang mereka dapatkan tidak membawa mereka kemana-mana karena dilakukan dengan jalan yang salah dan hanya membawa penderitaan.

Review Film Dunki 2023

Tidak seru pastinya, Film India tidak dilengkapi kisah cinta yang pilu. Manu dan Hardy yang saling mencintai, kemudian berpisah karena ego Manu yang ingin berkarir di luar negri.  Pada akhirnya mereka merindu dengan kisah cinta dan perasaan yang masih sama seperti dulu. Hingga akhirnya mereka bertemu kembali pada usia mereka yang sudah manula dan Hardy kemudian melamar Manu setelah berhasil merebut kembali kewarganegaraan India. Akhir yang memilukan, Manu mengidap penyakit kanker dan hidupnya tidak lama lagi, lalu hardy sedih karena mengetahui orang yang dia cintai sakit parah. Tak lama setelah mereka berhasil tiba kembali di India, begitupun suasana memilukan ketika Manu, dkk bertemu keluarga yang telah ditunggu dan dirindukan bertahun-tahun. Manu dan Hardy saling menatap, bagian menyayat dar film ini juga ketika Hardy melirik jarum jam menunjuk angka 12 untuk melamar Manu, lalu Manu meninggal.

Pesan yang kuat dalam perjalanan dunki ini serta arti dari sebuah penantian, membuat penonton merasa terbawa dengan alur  dengan emosi yang menyatu dalam balutan komedi dan kekecewaan. Selain itu tak kalah menjadi sorotan adalah  pesona Shahrukh Khan dengan paras awet muda serta aksi konyol dan kocak bersama teman-temannya membuat film  ini  menjadi  film terbaik sebagai penutup akhir tahun 2023. 



*Untuk saran tulisan, tema, topik terbaik silahkan tinggalkan di kolom komentar, Terimakasih telah meluangkan waktu untuk membaca*

Posting Komentar

Posting Komentar